SELAMAT DATANG DI BLOG DPW PKB NTB
SILAHKAN ISI BUKU TAMU

Rabu, 16 Mei 2012

PKB Himbau Semua Kalangan Untuk Hentikan Kegaduhan Penyebab Jatuhnya Sukhoi



Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghimbau kepada segenap masyarakat untuk tidak menilai dan menyalahkan siapapun terkait dengan jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ 100) di Guning Salak, Bogor, Jawa Barat. Selain itu kita harus memberikan ruang gerak yang bebas agar team evakuasi korban dapat fokus dan bekerja secara maksimal dalam proses evakuasi yang dilakukannya.



Dikatakan oleh Anggota Komisi Perhubungan dari Fraksi PKB, Marwan Ja’far, bahwa tugas terpenting saat ini adalah bagaimana dapat menemukan seluruh korban yang hingga kini masih dalam pencarian team evakuasi. Jadi jangan lah kita berunder estimate dan saling meyalahkan satu sama lainnya.

Terkait dengan banyaknya perdebatan seputar jatuhnya pesawat komersial pabrikan Rusia tersebut Marwan menghimbau agar hal tersebut bisa dihentikan terlebih dahulu. Karena proses evakuasi dan identifikasi masih terus berjalan.

"Kita tidak usah berdebat dulu, berspekulasi dan saling menyalahkan antara satu sama lain, sebelum kotak hitam (black box) ditemukan, dan dibuka secara seksama, hasilnya seperti apa, sehingga bisa diketahui secara valid sebab musabab jatuhnya pesawat itu, Kita fokus untuk mengevakuasi para korban sampai tuntas, dan mengidentifikasi para korban secara paripurna pula," katanya.

Marwan Menilai, bahwa yang terpenting saat ini adalah bagaimana team gabungan Basarnas, TNI dan Polri dapat mengevakuasi seluruh korban. Bila kotak hitam sudah diketemukan dan sudah dilakukannya proses identifikasi maka public dapat menanyakan dan mendesak kepada aparat terkait untuk segera mungkin mempublikasikan dan menjabarkan penyebab dari kecelakaan pesawat buatan Rusia tersebut.

"Setelah semua proses dijalankan dan diselesaikan, dan kotak hitam (black box) ditemukan, baru kita mendesak kepada KNKT untuk mengumumkan kepada publik secara transparan dan tidak ditutup-tutupi," imbuhnya.

Dijelaskan oleh Marwan, dengan jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ 100) dalam joy flight nya Jakarta – Sukabumi dan sebaliknya tersebut memang telah membuat kaget dunia penerbangan nasional. Bahkan musibah tersebut dengan cepat telah menjadi isu yang mendunia dan sekaligus menjadi perbincangan di dunia penrbangan internasional.

"Untuk Tragedi itu, kita berduka cita yang sedalam-dalamnya," imbuh Marwan.

Diakui oleh Marwan, bahwa terjadinya kecelakaan terhadap dunia penerbangan di Indonesia memang bukanlah yang pertama kali. Namun hal tersebut juga tidak dapat dibiarkan saja. Oleh karena itu, Marwan menegaskan, bahwa dunia perbangan Indonesia dewasa ini sangat membutuhkan evaluasi yang berkesinambungan.

Terkait dengan catatan sejarah yang pernah terjadi baik penerbangan komersial dan non komersial, marwan mengatakan bahwa guna menciptakan keselamatan dalam penerbangan Indonesia harus dapat mengikuti dan megadaptasi teknologi penerbangan yang selalu mengalami perkembangan yang pesat. Artinya inovasi yang canggih, bahkan super canggih sekalipun harus dapat tersedia di Indonesia.

"Ini demi kemaslahatan penerbangan kita," paparnya.

Selain dengan sarana teknologi yang baik marwan juga mengatakan, bahwa sumberdaya manusia juga tidak kalah pentingnya harus di tingkatkan guna menopang penerbangan yang berkualitas dan terjamin dari segi keamanannya.

Marwan menambahkan, bahwa dari kedua hal tersebut merupakan faktor yang paling utama dan urgent dalam menjaga keselamatan bagi penerbangan Indonesia

"Intinya adalah demi keselamatan," papar Marwan.

Faktor keselamatan tersebut merupakan kata kunci yang tidak boleh di nafikan, dan hal itu menjadi tantangan bersama. Dimana insiden kecelakan jatuhnya pesawat di Indonesia masih kerap terjadi. Namun demikian, Marwan meyakini bahwa evaluasi yang intensif akan mampu memperbaiki citra penerbangan Indonesia.

Marwan juga mengatakan, bahwa pihaknya juga mengapresiasi dari kerja keras para petugas dan aparat dalam menangani musibah tersebut.

Terkait dengan jatuhnya pesawat SSJ 100 tersebut Komisi Perhibungan DPR nantinya akan melakukan rapat kerja atau rapat dengan pendapat dengan semua semua mitra kerja terkait untuk mendengarkan laporan, mendalami dan memetakan masalah atas musibah tersebut. Pihaknya juga akan mencari solusi terbaik untuk masa depan dunia penerbangan di Indonesia.

0 komentar:

LINK SAHABAT

KUNJUNGI JUGA YA
 DOWNLOAD gratis SALAS MADRID